Beranda > Tasawuf > Allah Azza wa Jalla berseru kepada hamba-Nya…!?

Allah Azza wa Jalla berseru kepada hamba-Nya…!?

Allah Azza wa Jalla berseru kepada hamba-Nya…

Wahai hamba !
Engkau tidak memiliki sesuatu apapun
kecuali yang Aku kehendaki untuk menjadi milikmu.
Tidak juga engkau memiliki jiwamu, karena Akulah Penciptanya
Tidak pula engkau memilik jasadmu, karena Akulah yang Membentuknya
Hanya dengan pertolonganKu engkau dapat berdiri
dan hanya dengan kalimatKu engkau datang ke dunia ini.

Wahai hamba !
Katakanlah tiada Tuhan melainkan Allah
Kemudian tegak berdiri di jalan yang benar
Maka tiada tuhan melainkan Aku
Dan tiada pula wujud sebenarnya kecuali untukKu
Dan segala sesuatu yang selain daripadaKu
Adalah buatan tanganKu dari tiupan RuhKuWahai hamba !
Segala sesuatu adalah kepunyaanKu, bagiKu, dan untukKu
Jangan sekali-kali engkau merebut apa-apa yang menjadi kepunyaanKu
Kembalikan segala sesuatu kepadaKu
Niscaya akan Kubuahkan pengembalianmu dengan tanganKu
Dan Kutambahkan padanya dengan kemurahanKu
Serahkan segala sesuatu kepadaKu
Niscaya Kuselamatkan engkau dari segala sesuatu

Ketahuilah, bahwa hambaKu yang terpercaya
Adalah yang mengembalikan segala yang selainKu kepadaKu
Tengoklah dengan pandangan yang tajam kepadaKu
Bagaimana caranya Aku melakukan pembagian
Niscaya engkau akan melihat bahwa pemberian dan penolakan
Merupakan dua bentuk yang dinamakan
Agar dengan demikian engkau dapat mengenal Aku

Hai hamba!
Sesungguhnya engkau telah melihat Daku sebelum dunia terhampar
Dan engkau mengenal siapa yang engkau lihat
Dan hanya kepadaKu lah engkau akan kembali

Kemudian Aku ciptakan segala sesuatu untukmu
Dan Aku labuhkan tirai hijab atasmu
Lalu engkaupun tertutup dengan tirai dirimu sendiri
Kemudian Aku menghijab engkau dengan diri-diri yang lain
Yang mana diri-diri yang lain itu menyeru kepadamu
Juga pada dirinya masing-masing
Sehingga menjadi penghijab-penghijab daripadaKu

Setelah kesemuanya itu
Maka Akupun kembali menyata dibalik kesemua itu
Dan dari balik semua itu Kuperkenalkan kembali DiriKu
Kukatakan kepadamu bahwasannya Aku lah Maha Pencipta!

Aku yang mencipta semua itu
Dan bahwasannya Aku menjadikan engkau khalifah atas kesemuanya itu
Dan ketahuilah bahwa kesemuanya itu adalah amanah (titipan) pada sisimu
Dan diwajibkan bagi sipengemban amanah untuk mengembalikannya

Maka telitilah dirimu
Setelah engkau mempercayaiKu
Sudahkah engkau mengembalikan segala sesuatu itu kepadaKu?
Sudahkah engkau memenuhi perjanjian yang telah engkau buat denganKu?

Hai hamba!
Aku ciptakan segala sesuatu itu untukmu
Maka bagaimana Aku akan rela
kalau engkau peruntukkan dirimu bagi sesuatu itu
Sesungguhnya aku melarang engkau untuk menggantungkan dirimu
Pada sesuatu selainKu
Karena Aku adalah pencemburu padamu
Dan karena Aku pencemburu padamu

Hai hamba !
Aku tidak rela engkau peruntukkan dirimu bagi sesuatu
Walaupun harapanmu akan surga sekalipun
Karena sesungguhnya Aku ciptakan engkau hanya untukKu
Supaya engkau berada disisiKu
Disisi yang tiada sisi
Dan dimana yang tiada mana

Kuciptakan engkau atas pola gambaranKu
Seorang diri, tunggal, mendengar, melihat
dan berkemauan serta berbicara
Dan Aku jadikan engkau mempunyai kemampuan
untuk tajallinya nama-namaKu
dan tempat untuk pemeliharaanKu

Engkau adalah sasaran pandanganKu
Tiada dinding penghalang yang memisahkan
AntaraKu adan antaramu
Engkau teman duduk semajlis denganKu
Maka tiada pembatas antara Aku dan engkau

Hai hamba !
Tiada antaraKu dan antaramu antara
Aku lebih dekat daripada dirimu sendiri
Aku lebih dekat dari ucapan lisanmu
Maka pandanglah Aku
Karena Aku senang memandang kepadamu

Salam,… Dipo Samudro – Bahr Al Qudra,…

Kategori:Tasawuf
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

