Beranda > Tasawuf > Samudro Agung … !?

Samudro Agung … !?

Samudro agung tanpo tepi angrambahi endi kang aran Allah? Tan loro tetelu… kawulane tanno wikan… sirno luluh kang aneng datullah jati aran segoro purba…

Samudera besar yang tak bertepi, meresapi seluruh alam. Manakah yang disebut Allah? tidak dua atau tiga.. makhluknya tak ada yang menyadari… karena musnah terlarut dalam Dat Allah sejati.. yang disebut lautan terdahulu…

Samudera besar simbol sesuatu yang tak bertepi, tak berbatas, dan melingkupi seluruh alam; agama menyebutnya ‘Tuhan’ atau ‘Allah’. Simbolisme ‘samudera besar’ dipakai untuk menggambarkan ketunggalan Dzat Allah. Dalam samudera, misalnya, ada organisme-organisme yang hidup dengan cara menggantungkan diri sepenuhnya dengan air samudera , jika air itu kering maka organisme-organisme yang di dalamnya akan mati, begitu pula dengan Allah.. semua ciptaanNya amat bergantung kepadaNya sama halnya tergantungnya ikan terhadap air.

Jika Allah tidak ada, sama dengan tidak adanya air, maka semua ciptaan tidak akan ada ( sama dengan tidak adanya ikan tadi ) seluruh ciptaan amat tergantung pada Allah, dan ciptaan memiliki terbatas; terbatas pada usia, umur, dan kematian… hanya Allah yang tidak terbatas Ia senantiasa abadi tak terbatas, Luas, Hidup, yang disimbolkan pula dengan ‘ Lautan Purba ’.

Simbol ‘ samudera luas ’ atau ‘ lautan asal ’ juga menggambarkan asal seluruh keberadaan Allah disebut ‘ lautan asal ’, karena ialah asal mula dari segala penciptaan sebelum segala sesuatu tercipta hanya Allah yang ada dan sesudah segalanya tiada hanya  Allah yang ada,..  Dalam Al-Quran di sebutkan ‘Innaa lillaah wa innaa ilaihi raaji’uun’ (sebenarnya kita adalah milik Allah dan kita kembali kepadaNya), itulah makna ‘lautan purba’  .

Kategori:Tasawuf
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: